Jakarta, 7 Desember 2016 – Perhelatan diskon akbar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali digelar dengan menggandeng lebih dari 200 e-commerce sebagai peserta Harbolnas yang terdiri dari ratusan UKM dan UMKM maupun brand lokal. Pada tahun kelima Harbolnas ini diharapkan terdapat peningkatan jumlah transaksi online yang signifikan selama tanggal 12-14 Desember 2016, sejalan dengan peningkatan jumlah partisipan sebesar 48,6% dibandingkan tahun lalu. Berbagai penawaran menarik, hadiah undian dan diskon hingga 95% ditawarkan para peserta Harbolnas untuk dapat mendorong lebih banyak lagi transaksi tahun ini. 

Menurut data riset Online Shopping Outlook 2015 yang dikeluarkan oleh BMI research, terungkap bahwa nilai belanja online di Indonesia pada 2014 mencapai 21 triliun. Sebelumnya di tahun 2013 menurut riset Markplus Insight dan majalah online Marketeers, dari 74,6 juta pengguna internet di Indonesia, 20% melakukan aktifitas berbelanja secara online1. Melengkapi hal tersebut, berdasarkan riset gabungan dari Google dan Temasek, Indonesia pada tahun 2015 menempati urutan pertama negara dengan pertumbuhan pasar internet terbesar di dunia, dengan pertumbuhan diperkirakan mencapai 19% pada tahun 2020. Pertumbuhan yang sama juga diperkirakan terjadi pada perekonomian berbasis internet, dengan pasar e-commerce menempati urutan pertama diikuti oleh online media dan online travel. 

Dengan mengusung tema “Indonesia Online”, seiring dengan peningkatan penggunaan internet, khususnya dalam perangkat mobile, perayaan Harbolnas tahun ini ingin kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk merasakan pengalaman belanja secara online yang mudah dan nyaman serta pentingnya keamanan dalam bertransaksi. 

Sebagaimana disampaikan oleh Miranda Suwanto, SVP Strategic Partnership, Lazada Indonesia dan juga selaku Ketua Panitia Harbolnas mengatakan, “Dengan semakin banyak pengguna internet di berbagai kota dan semakin terjangkaunya perangkat mobile, maka semakin banyak masyarakat di Indonesia dapat dengan mudah dan nyaman berbelanja online. Tanpa khawatir kehilangan waktu akibat kemacetan atau jarak tempuh yang jauh. Ini merupakan salah satu faktor yang mendorong maraknya berbelanja online di Indonesia,” tutur Miranda. “Hal inilah juga yang mendasari semakin banyak e-commerce hadir di Indonesia, yang kami percaya akan selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh konsumennya, antara lain dengan memberikan kepastian dalam hal transaksi online bersama mitra bank dan jasa pembayaran lain yang terpercaya,“ tambahnya. 

Sejumlah sponsor juga mitra Harbolnas dari berbagai industri turut hadir dan mendukung perhelatan ini, antara lain dari sektor keuangan dan perbankan, yang diwakili oleh I Ketut Alam Wangsawijaya selaku Vice President Consumer Business BCA menuturkan, “Kami melihat perkembangan e-commerce di Indonesia ini sangat menjanjikan, hal inilah yang mendorong kami PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) untuk terus berinovasi dan menawarkan berbagai solusi pembayaran secara online sehingga kenyamanan dan keamanan transaksi online konsumen dapat terjaga. Kami sangat senang dapat berpartisipasi mendukung Harbolnas tahun ini, dengan harapan semakin banyak e-commerce yang berpartisipasi pada tahun depan dan terus mengedepankan kenyamanan dan keamanan dalam berbelanja.” 

Respon positif masyarakat Indonesia terhadap Hari Belanja Online Nasional 2015 menjadi bukti betapa besarnya potensi e-commerce di Indonesia. Telkomsel sebagai operator penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya akan terus mendukung diselenggarakannya Hari Belanja Online Nasional. “E-commerce telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dan kami mendukung perkembangannya dengan terus menjaga kualitas jaringan, sehingga pelanggan akan mendapatkan pengalaman Internet terbaik dengan Telkomsel. Selain itu kami juga menghadirkan berbagai loyalty program yang menarik bagi pelanggan”, tutur Dani Arthanta – General Manager PostPaid Device and Broadband. 

Telkomsel juga melanjutkan dukungannya terhadap Hari Belanja Online Nasional 2016 dengan memberikan keuntungan berupa tambahan voucher total jutaan rupiah bagi seluruh pelanggannya. Pelanggan Telkomsel hanya cukup menukarkan 12 Telkomsel POIN di *700*12# atau melalui aplikasi My Telkomsel. Pelanggan dapat mengakses www.telkomsel.com/1212 untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai penawaran spesial ini di tanggal 12 – 14 Desember 2016. 

Selain itu dukungan lainnya didapatkan dari Henky Prihatna – Country Industry Head, Google Inc yang mengatakan, ”Konsumen terus mengandalkan ponsel untuk berbelanja, menjadikannya sebagai ‘pintu’ untuk menemukan kebutuhan mereka. Dengan musim libur akhir tahun semakin dekat, pencarian seputar shopping pun akan terus meningkat. Maka Harbolnas tentu menjadi sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu.” 

Dari Facebook pun memberikan harapan besar bagi industri e-commerce Indonesia. Waizly Darwin selaku Head of SMB Market Development Facebook menyatakan “Kami juga fokus dalam membantu start-up dan bisnis yang sedang berkembang untuk meningkatkan kemampuan mereka membesarkan usahanya melalui serangkaian pelatihan di Indonesia, termasuk selama berlangsungnya Hari Belanja Online Nasional. Sebagai bagian dari upaya keberlanjutan kami dalam membantu start-up dan bisnis yang sedang berkembang agar bisa meraih sukses di Indonesia, kami berinvestasi pada sumber daya yang memungkinkan para bisnis tersebut untuk berkembang di Indonesia maupun secara global.” 

Grab, sebagai penyedia layanan pemesanan kendaraan terkemuka di Asia Tenggara turut mendukung Harbolnas dengan menjadi mitra transportasi resmi. Mediko Azwar, Marketing Director, Grab Indonesia, mengatakan, “Sebagai bagian dari komitmen Grab untuk menyediakan layanan dan pengalaman terbaik untuk seluruh pengguna di Indonesia. Kami siap mendukung Harbolnas untuk memberikan kenyamanan lebih dalam berbelanja kepada masyarakat dengan membantu pengiriman barang melalui layanan GrabExpress yang menjanjikan kecepatan, kepastian, dan yang paling utama adalah keamanan. Kami harap dengan berpartisipasi dalam Harbolnas, Grab dapat turut berperan aktif dalam memajukan industri digital ekonomi Indonesia.” 

Bekerjasama dengan Facebook, panitia Harbolnas juga telah melaksanakan juga Workshop Hari Belanja Nasional pada tanggal 29 November 2016 yang mengundang e-commerce partisipan Harbolnas, rekan media, partisipan dan mitra pendukung lainnya. Pada sesi workshop tersebut, para peserta berkesempatan berdiskusi dan berbagi pengalaman seputar kisah sukses dari e-commerce lainnya, serta menyampaikan komitmen bersama para pelaku e-commerce untuk mengembangkan industri di Indonesia. 

“Perayaan perhelatan Harbolnas ini merupakan momentum saksi berkembangnya e-commerce di Indonesia. Setiap tahunnya Harbolnas mampu memberikan pengaruh positif dan kontribusi yang baik bagi para pelaku industri ekonomi kreatif di Indonesia, terlebih khusus untuk brand lokal dan UKM/UMKM. “Kehadiran Harbolnas pun diharapkan dapat menjadi pemersatu bagi setiap e-commerce untuk bahu-membahu mendukung dan memberikan ide-ide dalam perkembangan industri pasar e-commerce tanah air kepada konsumen Indonesia,” tutup Miranda. 

Selain menjadi fasilitas bagi para e-commerce untuk dapat meraih konsumen yang lebih luas lagi di seluruh Indonesia, Harbolnas pun memberikan kesempatan bagi brand lokal dan UKM/UMKM untuk mengembangkan usahanya. Dengan berkolaborasi bersama industri lain terkait, terutama melalui dukungan PT Bank Central Asia Tbk. (BCA), Telkomsel Poin, Midtrans, Samsung Electronics Indonesia, Lion Parcel, dan Grab Indonesia sebagai transport partner, Harbolnas ini diharapkan dapat mendukung langkah pemerintah dalam memajukan industri e-commerce tanah air.